Main Article Content

I Wayan Kayun Suwastika
Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja

Abstract

Bali merupakan pulau yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Usaha perdagangan yang muncul dengan adanya sektor pariwisata adalah usaha penjualan oleh-oleh khas Bali. Pada saat ini mulai banyak bermunculan usaha penjualan oleh-oleh yang cukup lengkap dan skala besar. Munculnya banyak usaha penjualan oleh-oleh menyebabkan adanya persaingan antara masing-masing usaha. Masing-masing usaha berusaha mengembangkan usahanya  dengan membuka cabang pada beberapa wilayah dan lokasi di Bali untuk lebih memasarkan produknya. Pemasaran dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah memperluas pemasaran dengan membuka cabang usaha tersebut ditempat yang berbeda. Penentuan lokasi pemasaran produk dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yang terdapat pada sistem pendukung keputusan. Pada penelitian akan dilakukan penentuan lokasi pemasaran produk dengan menerapkan metode AHP dan Weighted product berdasarkan kriteria-kriteria yang ditetapkan. Dengan adanya penerapan metode diharapkan dapat membantu usaha penjualan oleh-oleh khas Bali untuk menentukan lokasi pemasaran produk sehingga dapat meningkatkan penjualan usaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendefinisian masalah, pengumpulan data, analisis, implementasi metode dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan perhitungan dengan kedua metode, dengan menggunakan metode AHP didapatkan hasil terbaik adalah alternatif lokasi 1 (A1) dengan nilai 0.30841836. Sedangkan dengan menggunakan metode Weighted product, didapatkan hasil terbaik adalah alternatif 5 (A5) dengan nilai 0.23597.

Article Details

How to Cite
Kayun Suwastika, I. W., & Kartika Yuniastari Sarja, N. L. A. (2017). Penentuan Lokasi Pemasaran Produk dengan Menerapkan Metode AHP dan Weighted Product. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 10(2), 155-164. Retrieved from https://www.jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/76
Section
Articles
Author Biography

Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja

Bali merupakan pulau yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Usaha perdagangan yang muncul dengan adanya sektor pariwisata adalah usaha penjualan oleh-oleh khas Bali. Pada saat ini mulai banyak bermunculan usaha penjualan oleh-oleh yang cukup lengkap dan skala besar. Munculnya banyak usaha penjualan oleh-oleh menyebabkan adanya persaingan antara masing-masing usaha. Masing-masing usaha berusaha mengembangkan usahanya  dengan membuka cabang pada beberapa wilayah dan lokasi di Bali untuk lebih memasarkan produknya. Pemasaran dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah memperluas pemasaran dengan membuka cabang usaha tersebut ditempat yang berbeda. Penentuan lokasi pemasaran produk dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yang terdapat pada sistem pendukung keputusan. Pada penelitian akan dilakukan penentuan lokasi pemasaran produk dengan menerapkan metode AHP dan Weighted product berdasarkan kriteria-kriteria yang ditetapkan. Dengan adanya penerapan metode diharapkan dapat membantu usaha penjualan oleh-oleh khas Bali untuk menentukan lokasi pemasaran produk sehingga dapat meningkatkan penjualan usaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendefinisian masalah, pengumpulan data, analisis, implementasi metode dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan perhitungan dengan kedua metode, dengan menggunakan metode AHP didapatkan hasil terbaik adalah alternatif lokasi 1 (A1) dengan nilai 0.30841836. Sedangkan dengan menggunakan metode Weighted product, didapatkan hasil terbaik adalah alternatif 5 (A5) dengan nilai 0.23597.

Indexed and Journal List Title by: