Main Article Content

Ni Luh Dea Nandita Agastia
Riza Wulandari
Lilis Yuningsih

Abstract

GreatDay merupakan aplikasi digital berbasis mobile yang digunakan PT. Shan Restaurant Bali dalam pengelolaan karyawan, khususnya pada proses administrasi seperti absensi, pengajuan cuti, penjadwalan kerja, dan penyampaian informasi. Meskipun implementasinya mendukung digitalisasi, masih terdapat kendala seperti absensi yang tidak tersimpan, pencatatan lokasi yang tidak akurat, serta gangguan akibat pemeliharaan sistem, yang berdampak pada terganggunya alur administrasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efisiensi dan efektivitas penggunaan aplikasi GreatDay. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik analisis interaktif model Miles dan Huberman. Data diperoleh melalui wawancara terhadap sebelas informan utama dan dua informan tambahan untuk validasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi dan efektivitas penggunaan GreatDay dipengaruhi oleh tujuh faktor utama yaitu automasi dan integrasi, efisiensi operasional, akurasi data, responsivitas, aksesibilitas, kegunaan, dan keamanan. Aplikasi ini dinilai berpotensi menjadi solusi strategis dalam pengelolaan karyawaan secara digital. Namun, optimalisasi kinerja aplikasi memerlukan peningkatan stabilitas jaringan, pemeliharaan sistem yang berkelanjutan, serta pelatihan bagi karyawan yang masih memiliki keterbatasan dalam penggunaan teknologi digital dan email

Article Details

How to Cite
Ni Luh Dea Nandita Agastia, Riza Wulandari, & Lilis Yuningsih. (2025). Analisis Efisiensi dan Efektivitas Penerapan Aplikasi GreatDay Terhadap Pengelolaan Karyawan Pada PT. Shan Restaurant Bali. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 19(1), 54-63. https://doi.org/10.30864/jsi.v19i1.712
Section
Articles

References

[1] R. Gustiana, T. Hidayat, A. Fauzi, and K. Penulis, “Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Suatu Kajian Literatur Review Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia),” vol. 3, no. 6, 2022, doi: 10.31933/jemsi.v3i6.
[2] SE. , M. Dr. Zahera Mega Utama, “Manajemen Sumber Daya Manusia: Konsep Dasar dan Teori,” https://www.google.co.id/books/edition/MANAJEMEN_SUMBER_DAYA_MANUSIA_Konsep_Das/OYgBEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0.
[3] C. J. Toha and M. Mulyati, “Analisis Techonology Acceptance Model (TAM) Pada Aplikasi GreatDay,” vol. 3, no. 2, 2022, [Online]. Available: https://infobrand.id/greatday-hr-aplikasi-
[4] R. Hartini, “Seminar Nasional Hasil Riset Prefix-REB Pengaruh Aplikasi Human Resource Information System Terhadap Kinerja Karyawan di PT Mandom Indonesia Tbk,” 2020.
[5] Dr. A. F. Nasution M.Pd, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Harfa Creative, 2023.
[6] S. K. M. , M. P. H. , Dr. P. I Ketut Swarjana, “Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian,” https://www.google.co.id/books/edition/POPULASI_SAMPEL_TEKNIK_SAMPLING_BIAS_DAL/87J3EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0.
[7] Dr. E. Murdiyanto, Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN “Veteran” Yogyakarta, 2020.
[8] W. Vera Nurfajriani, M. W. Ilhami, A. Mahendra, R. A. Sirodj, and W. Afgani, “Triangulasi Data Dalam Analisis Data Kualitatif,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 10, no. 17, pp. 826–833, 2024, doi: 10.5281/zenodo.13929272.
[9] E. Triandini, R. Wulandari, I. G. N. S. Wijaya, W. C. A. P. Pratami, I. K. P. Suniantara, and Sugiarto, “Analyzing Customer and User Preferences on Messenger as A Platform in Indonesia,” Dec. 2023.
[10] A. Andriani and A. Kholik, “Analisis Efektivitas OPAC dalam Mendukung Mahasiswa Mencari Referensi Skripsi Menggunakan Model Delone & Mclean,” Jurnal Ilmiah Informatika Global, vol. 16, Aug. 2025.
[11] R. A. Alfadzila et al., “Pengembangan SAM Berbasis Web Dengan Integrasi Teknologi Biometrik dan Automasi Laporan,” Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, vol. Vol. 9 No. 1, Feb. 2025.
[12] Rizky Maulana, “Pemanfaatan Sistem Informasi terhadap Efisiensi Operasional Karyawan PT Bina Pertiwi,” Merkurius : Jurnal Riset Sistem Informasi dan Teknik Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 252–257, Jan. 2025, doi: 10.61132/merkurius.v3i1.661.
[13] A. Gunawan, A. S. Rizki, T. F. Anindya, A. P. Amalia, and W. F. Setiani, “Manajemen Sumber Daya Manusia pada Era Digitalisasi,” pp. 262–272, 2025, doi: 10.59603/ppiman.v3i1.662.
[14] A. Achtarudin and M. Safitri, “Aplikasi Presensi Karyawan Menggunakan Metode Location Based Service Berbasis Web Pada PT Izzo Cipta Indonesia,” Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 5, no. 1, 2024, [Online]. Available: http://jurnal.bsi.ac.id/index.php/reputasi
[15] N. Fahmi, R. Dasturi, T. Meurah Sulthan, and M. Almuna Arif, “Perancangan Antarmuka Pengguna Yang Responsif Untuk Meningkatkan Usability Apliksi Mobile,” 2023.
[16] P. Wibowo and H. Ali, “Pengaruh Aksesibilitas, Biaya Implementasi dan Kompetensi SDM terhadap Sistem Informasi Manajemen,” DIT, vol. 2, no. 2, 2024, doi: 10.38035/dit.v2i2.
[17] D. T. Nugroho, D. R. Indah, H. Novianti, M. R. Sanjaya, and M. H. Syahbani, “Pengaruh Penerapan Prinsip-Prinsip Usability dalam UI/UX Terhadap Minat Beli Konsumen Di Platform Shopee,” Jurnal Sistem Informasi, vol. 14, no. 2, pp. 2540–9719, Feb. 2025, [Online]. Available: http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id
[18] H. Raka Herdiantoro, M. Reza Redo Islami, T. Informatika, S. Dharma Wacana Metro Jl Kenanga No, K. Metro Bar, and K. Metro, “Implementasi Two-Factor Authentication (2FA) dan Firewall Policies Dalam Mengamankan Website,” vol. 4, no. 1, pp. 1–9, 2023.
[19] S. R. Zulkarnaen, N. Wisna, and Asniar, “Pengaruh Teknologi Informasi dan Keamanan Aplikasi Terhadap Kepuasan Pengguna QRIS Pada Masyarakat di Kota Bandung,” Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi, vol. 8 No. 2, 2024.
[20] A. H. Harahap, C. Difa Andani, A. Christie, D. Nurhaliza, and A. Fauzi, “Pentingnya Peranan CIA Triad Dalam Keamanan Informasi dan Data Untuk Pemangku Kepentingan atau Stakholder,” vol. 1 No. 2, Apr. 2023.
Indexed and Journal List Title by: