Main Article Content

Putu Desiana Wulaning Ayu

Abstract

STIKOM Bali merupakan salah satu perguruan tinggi swata di bidang TIK di Denpasar yang berdiri sejak tahun 2002. Seiring dengan perkembangan waktu, perguruan tinggi ataupun sekolah TIK di Bali mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini sudah tentu menimbulkan persaingan antar lembaga perguruan tinggi dalam pencarian calon mahasiswa baru. Salah satu pemasaran yang dilakukan Bagian Marketing STIKOM Bali adalah dengan mengadakan sosialisasi ke sekolah-sekolah menengah di Bali. Namun tidak semua sekolah yang dikunjungi siswanya melanjutkan pendidikan ke STIKOM Bali, sehingga kegiatan pemasaran yang telah dilakukan belum efektif dan optimal. Oleh karena itu diperlukan suatu solusi untuk membantu Bagian Marketing STIKOM Bali dalam menentukan target sekolah-sekolah yang tepat untuk pemasarannya agar meningkatkan jumlah penerimaan calon mahasiswa baru di STIKOM Bali. Penelitian ini mengusulkan penerapan metode Fuzzy C Means pada Sistem Pendukung Keputusan Pemasaran STIKOM Bali. Sistematika penelitian dari perancangan sistem ini meliputi pengumpulan data, perancangan Data Flow Diagram, perancangan basis data, serta perancangan tampilan antarmuka sistemnya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa dan merancang Sistem Pendukung Keputusan Pemasaran STIKOM Bali serta mengimplementasikan metode FCM dalam sistem ini. Hasil penelitian berupa sistem pendukung keputusan dengan output berupa cluster sekolah asal Cama. Hasil pengujian menunjukkan sistem ini berfungsi dengan baik.

Article Details

How to Cite
Wulaning Ayu, P. D. (2018). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemasaran STIKOM Bali Menggunakan Metode Fuzzy C Means Clustering. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 10(2), 21-27. Retrieved from https://www.jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/54
Section
Articles
Indexed and Journal List Title by: