Main Article Content

Ida Bagus Ketut Surya Arnawa

Abstract

Tahun 2019 merupakan tahun yang penuh cobaan bagi masyarakat dunia dimana pada tahun tersebut menyebar Pandemi Covid-19 termasuk di Indonesia. Hampir semua sekolah dan kampus menghentikan operasionalnya. Demi meminimalisir dampak dari berhentinya kegiatan belajar mengajar maka perkuliahan jarak jauh dipilih sebagai solusi. Perkuliahan dilakukan melalui berbagai media seperti Ms.Teams, Zoom dan lain sebagainya. Berbagai kendala pun bermunculan dalam pelaksanaan perkuliahan ini mengingat ini adalah pertama kali dilakukan. Infrastruktur dan kesiapan SDM menjadi kendala utama yang dihadapi. Tidak jarang orang tua dan mahasiswa memberikan keluh kesah terkait dengan kebijakan baru ini didunia pendidikan. Saat Pandemi Covid-19 mulai melandai menjadi sebuah momentum bagi Perguruan Tinggi untuk berinovasi mencari alternatif dalam melakukan perkuliahan. Adapun alternatif yang diciptakan yaitu perkuliahan secara hybrid. Mengingat perkuliahan Hybrid ini juga pertama kali dilakukan tentunya memiliki kekurangan. Guna memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada maka perlu dilakukan evaluasi perkuliahan hybrid ini. Evaluasi yang digunakan yaitu berupa analisis sentimen opini publik terkait perkuliahan hybrid. Dari penelitian yang sebelumnya sudah pernah dilakukan, penelitian yang penulis lakukan memiliki perbedaan yaitu dari segi sumber data dan metode yang digunakan TF-IDF dan K-NN. Hasil dari penelitian ini yaitu sentimen positif sebesar 30%, netral 20% dan negatif 50% terhadap Perkuliahan Hybrid.

Article Details

How to Cite
Ida Bagus Ketut Surya Arnawa. (2023). Analisis Sentimen pada Media Sosial Terhadap Perkuliahan Hybrid Menggunakan Algoritma TF IDF dan K Nearest Neighbor. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 17(1), 40-46. https://doi.org/10.30864/jsi.v17i1.495
Section
Articles

References

[1] Siahaan dan Matdio, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan,” Jurnal Kajian Ilmiah, vol. 20, no. 2, pp. 1-3, 2020.

[2] Nafrin, I. Aulia dan H. Hudaidah, “Perkembangan pendidikan Indonesia di masa pandemi COVID-19,” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 456-462, 2021.

[3] S. Samsir, A. Ambiyar, U. Verawardina, F. Edi dan R. Watrianthos, “Analisis Sentimen Pembelajaran Daring Pada Twitter di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Naïve Bayes,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 5, no. 1, pp. 157-163, 2021.

[4] R. Kurniawan dan A. & Apriliani, “Analisis sentimen masyarakat terhadap virus corona berdasarkan opini dari Twitter berbasis web scraper,” Jurnal INSTEK (Informatika Sains dan Teknologi), vol. 5, no. 1, pp. 67-75, 2020.

[5] Ma’arif dan A. Aziz, “Penerapan Algoritma Tf-Idf Untuk Pencarian Karya Ilmiah,” Jurnal. Jurusan Teknik Informatika. Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Dian Nuswantoro Semarang, vol. 5, no. 4, 2015.

[6] R. I. Ndaumanu, “Analisis Prediksi Tingkat Pengunduran Diri Mahasiswa dengan Metode K-Nearest Neighbor,” Jatisi, vol. 1, no. 3, 2014.

[7] L. a. I. M. Hermawan, “Pembelajaran text preprocessing berbasis simulator untuk mata kuliah information retrieval,” Jurnal Transformatika, vol. 17, no. 2, pp. 188-199, 2020.
Indexed and Journal List Title by: