Main Article Content

I Gusti Ayu Sri Melati
I Gusti Ayu Desi Saryanti

Abstract

Pada umumnya semua perusahaan mengumpulkan informasi melalui sistem database yang berguna untuk menampung data transaksi, kemudian nantinya data tersebut diolah sehingga dapat diketahui tingkat dan volume suatu penjualan, pembelian pada suatu waktu tertentu dan sebagainya, sehingga seorang pengambil keputusan dapat mengatur strategi pemasaran bagi perusahaannya. Dewasa ini muncul tuntutan bagi seorang pengambil keputusan, untuk dapat melihat peluang-peluang yang dapat meningkatkan penjualan di perusahaannya, berdasarkan informasi yang relevan. Pengambil keputusan perlu memakai suatu sistem yang dapat mendukungnya dalam mengambil keputusan secara cepat dan juga tepat. Informasi atas suatu produk dapat digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Salah satu cara untuk mendapatkan informasi adalah dengan melakukan data mining. Perancangan data mining ini akan menggunakan algoritma apriori untuk melakukan analisa keranjang pasar. Data yang diperlukan diambil dari data transaksi penjualan selama periode tertentu dan diolah sehingga menghasilkan frequent itemset. Sehingga pada akhirnya hasil yang didapatkan dari proses data mining ini dapat dijadikan suatu informasi baru yang dapat digunakan oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan produksi maupun penjualan produk-produknya

Article Details

How to Cite
Melati, I. G. A. S., & Saryanti, I. G. A. D. (2014). Perancangan Data Mining dalam Analisis Asosiasi Kuantitatif Pembelian Item Barang dengan Metode Apriori. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 8(2), 29-37. Retrieved from https://www.jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/45
Section
Articles
Indexed and Journal List Title by: