Main Article Content

Erico Darmawan Handoyo
Sulaeman Santoso
Setia Budi

Abstract

Mika Asih Bandung adalah sebuah organisasi nirlaba yang memfokuskan diri untuk menyediakan bantuan pengembangan kualitas hidup pada daerah urban yang kurang berkembang di daerah Kota Bandung.  Hal ini terutama dalam bidang ekonomi, lingkungan , dan pendidikan. Di bidang pendidikan, lembaga Mika Asih menyediakan bantuan pengajaran bagi anak anak sekolah dasar yang mengalami kesulitan membaca dan pengetahuan matematika dasar.  Beberapa dari anak ini juga merupakan anak yang putus sekolah. Lembaga Mika Asih ini juga menerima relawan untuk membantu kegiatannya.  Namun karena sifat pekerja relawan, perkembangan siswa di  tempat pembelajaran tidak dapat direkam dengan baik. Dalam rangka mencatat perkembangan pembelajaran siswa sebuah sistem pencatatan manual dengan kertas dikembangan. Tentunya sistem seperti ini menjadi tidak praktis ketika jumlah relawan dan jumlah siswa bertambah. Penelitian ini terarah untuk mengatasi permasalah ini dengan mengembangan perangkat lunak mobile untuk mencatat kemajuan perkembangan pembelajaran setiap siswa. Aplikasi mobile ini dikembangkan dengan menerapkan Flutter Framework dan berorientasi pada kemudahan penggunaan serta pencatatan data terpusat yang walau pada akhirnya belum dapat diimplementasikan langsung dapat berpotensi menunjang proses pendampingan anak didik dengan lebih baik.

Article Details

How to Cite
Erico Darmawan Handoyo, Sulaeman Santoso, & Setia Budi. (2023). Pembangunan Aplikasi Mobile Pemantauan Perkembangan Anak Didik Lembaga Mika Asih dengan Flutter Framework. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 17(1), 1-12. https://doi.org/10.30864/jsi.v17i1.388
Section
Articles

References

[1] S. Budi et al., “IBAtS - Image based attendance system: A low cost solution to record student attendance in a classroom,” Proceedings - 2018 IEEE International Symposium on Multimedia, ISM 2018. pp. 259–266, 2019, doi: 10.1109/ISM.2018.00037.

[2] Y. Xing and Y. Pei, “A Students’ Scores-Recording System Based on SL4A,” Proc. 2018 2nd IEEE Adv. Inf. Manag. Commun. Electron. Autom. Control Conf. IMCEC 2018, pp. 303–306, Sep. 2018, doi: 10.1109/IMCEC.2018.8469318.

[3] R. Sangadikar, N. Aote, M. Kokate, S. Patil, and A. Waghmare, “Recent trends in Android Application for Academic Tracking,” in Proceedings of the 2nd International Conference on Communication and Electronics Systems, ICCES 2017, 2018, vol. 2018-Janua, pp. 208–211, doi: 10.1109/CESYS.2017.8321267.

[4] A. Howley, L. Wood, and B. Hough, “Rural elementary school teachers’ technology integration,” J. Res. Rural Educ., vol. 26, no. 9, pp. 1–13, 2011.

[5] S. Hussain, Z. Wang, and S. Rahim, “E-learning Services for Rural Communities,” Int. J. Comput. Appl., vol. 68, no. 5, pp. 15–20, 2013, doi: 10.5120/11574-6888.

[6] K. Agrawal, “Advanced Technologies and Tools for Indian Rural School Education System,” Int. J. Comput. Appl., vol. 36, no. 10, pp. 54–60, 2011.

[7] V. Smrithi Rekha and V. Adinarayanan, “A free and open source framework for rural education,” in 2014 7th International Conference on Contemporary Computing, IC3 2014, 2014, pp. 56–61, doi: 10.1109/IC3.2014.6897147.

[8] Y. Bandung, H. C. Tanuwidjaja, L. B. Subekti, and K. Mutijarsa, “Development of Multimedia System for Supporting,” 2015.

[9] Google, “Flutter Dev,” 2020. https://flutter.dev/.

[10] S. Faust, “Flutter Guide - Under the Hood,",” 2020. https://github.com/devonfw-forge/devonfw4flutter/wiki/110-Under-the-Hood.
Indexed and Journal List Title by: