Main Article Content

Aditiya Hermawan
Andrie Suak Tiwa

Abstract

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki beragam kuliner dari berbagai daerah. Cita rasa yang kuat menjadikan kuliner Indonesia sangat diminati. Kehadiran masakan dari luar negeri menambah daftar kuliner di Indonesia. Kuliner yang beragam tersebut, baik masakan Indonesia maupun luar negeri membuat para pencinta kuliner berlomba untuk dapat memuaskan jiwa kuliner mereka. Kendala yang dihadapi oleh para pencinta kuliner tersebut adalah minimnya akses atau informasi yang mereka terima, seperti jenis makanan apa saja yang disajikan, lokasi yang tidak akurat, ataupun kriteria lainnya. Banyak aplikasi serupa untuk melihat tempat-tempat makanan. Akan tetapi, aplikasi-aplikasi tersebut tidak dapat menunjukkan informasi yang cukup detil, seperti jarak lokasi pengguna dengan lokasi tujuan. Oleh karena itu diperlukan metode pencarian. Metode pencarian dengan menggunakan algoritma A-Star akan membantu mencarikan rute terpendek dalam mencapai lokasi tujuan. Dari hasil pengujian yang dilakukan, aplikasi dapat berjalan tanpa kendala pada wilayah kota Tangerang. Penggunaan layanan Google Maps mempermudah pengguna untuk melihat dan menemukan lokasi tempat kuliner pada peta. Selain itu diperoleh bahwa algoritma A-Star dapat dikembangkan untuk berbagai kasus pencarian jalur dengan parameter-parameter yang kompleks. Terbukti dari hasil kuesioner yang dijawab responden, bahwa persentase persetujuan untuk seluruh pertanyaan yang diberikan adalah 80.85% atau berada pada area Sangat Puas.

Article Details

How to Cite
Hermawan, A., & Andrie Suak Tiwa. (2021). Penerapan Algoritma A-Star untuk Pencarian Tempat Kuliner di Kota Tangerang. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 15(2), 104-114. https://doi.org/10.30864/jsi.v15i2.335
Section
Articles

References

[1] D. Pratama and S. Hansun, “Aplikasi Rekomendasi Tempat Makan Menggunakan Algoritma Slope One pada Platform Android,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 11, no. 1, p. 11, 2017.
[2] S. Purnama, D. A. Megawaty, and Y. Fernando, “Penerapan Algoritma A Star Untuk Penentuan Jarak Terdekat Wisata Kuliner di Kota Bandarlampung,” J. Teknoinfo, vol. 12, no. 1, p. 28, 2018.
[3] Firman Harianja, “Penerapan Algoritma a * Pada Permasalahan Optimalisasi Pencarian Solusi Dynamic Water Jug,” Pelita Inform. Budi Darma, pp. 48–53, 2013.
[4] R. Adipranata, A. Handojo, and H. Setiawan, “Aplikasi Pencari Rute Optimum Pada Peta Guna Meningkatkan Efisiensi Waktu Tempuh Pengguna Jalan Dengan Metode A* Dan Best First Search,” pp. 100–108, 2007.
[5] G. T. Heineman, G. Pollice, and S. Selkow, Algorithms in a nutshell. 2008.
[6] G. Svennerberg, Beginning Google Maps API 3. 2010.
[7] D. Walter, “New Google Places API aims for more map-friendly Android apps,” 2015. [Online]. Available: https://www.greenbot.com/article/2899880/new-google-places-api-aims-for-more-map-friendly-android-apps.html. [Accessed: 25-Jun-2018].
Indexed and Journal List Title by: