Main Article Content

Dahlia
Andri

Abstract

Masyarakat di wilayah Mataram Kertapati Palembang saat ini lebih memilih Puskesmas sebagai sarana kesehatan. Hal ini membuat Pustu Mataram harus menyediakan stok obat yang dibutuhkan oleh pasien agar penyakit atau keluhan yang diderita oleh pasiennya dapat teratasi. Banyaknya pasien yang melakukan pengobatan di Pustu Mataram sering kali membuat persediaan stok obat yang ada tidak mencukupi karena Pustu Mataram belum pernah melakukan prediksi persediaan obat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka penulis melakukan penelitian untuk memprediksi persediaan stok obat di Pustu Mataram kedepannya menggunakan Data Mining dengan menerapkan Algoritma Regresi Linier Berganda. Berdasarkan dari analisa persediaan obat dengan sampel obat Antasida yang dilakukan secara manual didapat hasil prediksi sebesar 3218 obat dan perhitungan dengan menggunakan tools Rapidminer sebesar 5197,661 obat. Dimana dari perhitungan secara manual dan menggunakan bantuan tools terdapat selisih yaitu sebesar 1979,661 obat. Perhitungan yang dilakukan secara manual dan tools memiliki gap yang cukup besar, hal ini dikarenakan perhitungan secara manual hanya menggunakan sampel data dan perhitungan ini hanya digunakan untuk proses simulasi. Sedangkan perhitungan dengan tools Rapidminer data yang digunakan adalah data keseluruhan dan merupakan perhitungan yang sebenarnya. Sehingga dari kedua perhitungan tersebut, hasil prediksi yang dapat digunakan oleh Pustu Mataram sebagai acuan adalah hasil prediksi menggunakan tools Rapidminer.

Article Details

How to Cite
Dahlia, & Andri. (2021). Implementasi Data Mining untuk Prediksi Persediaan Obat pada Puskesmas Kertapati menggunakan Regresi Linier Berganda. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 15(2), 95-103. https://doi.org/10.30864/jsi.v15i2.331
Section
Articles

References

[1] E. Ratna, P. M. Sungging, A. Gusti, P. M. Adhi, R. A. Fathoni, H. Khoirul, “Analisis Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Metode Servqual,” J. Pendidikan, Komun. dan Pemikir. Huk. Islam, vol. IX, no. 1, pp. 86–93, 2017.
[2] F. Rizky, Y. Syahra, and I. Mariami, “Implementasi Data Mining Untuk Memprediksi Target Pemakaian Stok Barang Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,” Sains dan Komput., vol. 18, no. 2, pp. 167–175, 2019.
[3] P. S. Ramadhan and N. Safitri, “Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Laju Pertumbuhan Penduduk Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda Pada BPS Deli Serdang,” Sains dan Komput., vol. 18, no. 1, pp. 55–61, 2019.
[4] N. Diky, E. Kamil, R. Mukhlis, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL (Studi Kasus di CV. Sumber Utama Telekomunikasi),” Sains dan Komput., vol. 15, no. 2, pp. 81–92, 2016.
[5] I. Muhammad, F. Fatoni, U. Devi, “PENERAPAN ALGORITMA NAIVE BAYESUNTUK MENGKLASIFIKASI DATA FARMASIPADA RSUD TALANG UBI KABUPATEN PAL,” Bina Darma Conf. Comput. Sci., vol. 8, no. 1, pp. 919–926, 2014.
[6] T. Syahputra, J. Halim, and K. Perangin-angin, “Penerapan Data Mining Dalam Memprediksi Tingkat Kelulusan Uji Kompetensi ( UKOM ) Bidan Pada STIKes Senior Medan Dengan Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,” Sains dan Komput., vol. 17, no. 1, pp. 1–7, 2018.
[7] A. Purwanto and E. A. Darmadi, “PERBANDINGAN MINAT SISWA SMU PADA METODE KLASIFIKASI MENGGUNAKAN 5 ALGORITMA,” J. Komput. dan Inform., vol. 2, no. 1, pp. 43–47, 2018.
[8] R. W. Witjaksono, M. Wiyogo, and P. N. Wicaksono, “Perancangan Aplikasi Business Intelligence Pada Sistem Informasi Distribusi Pt Pertamina Lubricant Menggunakan Pentaho,” J. Rekayasa Sist. dan Ind., vol. 2, no. 2, pp. 12–18, 2015.
Indexed and Journal List Title by: