Main Article Content

Rifky Lana Rahardian
Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti

Abstract

Provinsi Bali memiliki banyak sekali daerah wisata yang eksotis dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan dari dalam dan luar negeri. Akan tetapi masih banyak para wisatawan khususnya wisatawan dalam negeri yang belum mengetahui informasi tentang tempat wisata di Bali mengingat sektor pariwisata di Bali berfokus pada wisatawan luar negeri saja. Penulis beranggapan portal khusus perlu dibangun selain memberikan informasi tentang wisata di Bali, namun juga dapat meningkatkan minat wisatawan dalam negeri untuk berwisata dengan membangun suatu wadah atau komunitas wisatawan dalam negeri. Dibuatlah e-tourism Provinsi Bali berbasis WEB dengan framework Laravel untuk memberikan informasi secara luas dan tempat para wisatawan untuk saling berinteraksi berbagi pengalamannya pada portal ini. E-Tourism dibangun menggunakan metode waterfall mulai dari tahap analisis kebutuhan, desain sistem, pengodean, sampai pengujian. E-Tourism yang dibangun dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi dan sudah sesuai dengan kebutuhan wisatawan untuk mendukung kegiatan berwisatanya. E-Tourism mampu memberikan informasi secara luas berupa tulisan, gambar dan pemetaan lokasi untuk meningkatkan minat wisatawan lokal dalam berkunjung ke Provinsi Bali.

Article Details

How to Cite
Rahardian, R. L., & Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti. (2020). E-Tourism Provinsi Bali Berbasis Web dengan Framework Laravel. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(2), 89-98. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i2.298
Section
Articles

References

F. Destari, “Meningkatkan Intention to Revisit Melalui Keunikan Jasa Pariwisata & Destination Image,” Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 44–58, 2017.
I. N. A. Purnama Anak Agung Ayu Putri, “Peramalan Kunjungan Wisatawan Di Obyek Wisata Bedugul Menggunakan Algoritma Fuzzy Time Series,” SMARTICS Journal, vol. 3, no. 2, pp. 55–58, 2017.
M. M. Murahartawaty Bayu, “Implementasi Web Portal Pariwisata Indonesia Menggunakan Joomla Berbasis Content Management System (CMS),” Jurnal Rekayasa Sistem & Industri, vol. 1, no. 01, pp. 160–165, 2014.
H. Himawan, “E-Tourism : Antara Konsep Dan Implementasi Dalam Mendukung Industri Pariwisata Indonesia,” Seminar Nasional Informatika (SEMNASIF), vol. 1, no. 5, 2009.
R. Manurung, “Perancangan dan Analisis Sistem Informasi Persediaan Barang pada CV UMA HANA,” Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), vol. 14, no. 1, pp. 64–72, 2019.
N. L. G. P. Suwirmayanti, “Perancangan Sistem Informasi Geografis Untuk Obyek Wisata Di Kabupaten Tabanan,” Proceedings Konferensi Nasional Sistem dan Informatika (KNS&I), no. 2015, 2015.
Indexed and Journal List Title by: