Main Article Content

Pande Putu Gede Putra Pertama

Abstract

Teknologi sebagai media yang dapat membantu untuk mempermudah pengguna mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Sebagai  pemanfaatan digital informasi yang ada sekarang, khususnya pada dunia pendidikan dapat diterapkan untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan informasi dosen. Informasi dosen yang didapat berupa informasi dan aktivitas yang dilakukan dosen tersebut di dalam kampus atau luar kampus tersebut, dikarenakan informasi sebelumnya hanya didapatkan secara lisan. Media informasi yang dinamis sangat dibutuhkan ketika mahasiswa mendapatkan informasi yang cepat, sehingga dapat mengingatkan intensitas kerja dosen. Metodologi pengembangan sistem ini menggunakan Rapid Application Development (RAD), metode relatif diterapkan dalam pengembangan sistem dengan batasan system yang tidak terlalu luas. Hasil dari penelitian menggunakan Raspberry Pi dan pada website pengguna admin dapat melakukan olah data dosen yang akan dicari. Raspberry pi tersebut akan di sambungkan pada LED monitor yang akan dilihat oleh mahasiswa untuk mendapatkan informasi dosen yang berkaitan dengan cara melihat informasi tersebut pada monitor LED yang sudah terpasang di depan ruangan dosen. Setiap dosen bisa melakukan pergantian status kehadirannya yang diakses pada database server melalui web yang menampilkan informasi tersebut, walaupun akan beraktivitas di luar.

Article Details

How to Cite
Pande Putu Gede Putra Pertama. (2020). Information Display Status Dosen Menggunakan Raspberry Pi. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(2), 106-112. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i2.289
Section
Articles

References

M. T. Nuddin dan D. L. Fithri, “Sistem Absensi Asisten Dosen Menggunakan Qr Code Scanner Berbasis Android Pada Program Studi Sistem Informasi Universitas Muria Kudus,” Pros. SNATIF, vol. 0, no. 0, hal. 303–310, 2015.
N. Rismawati, “Sistem Absensi Dosen Menggunakan Near Field Communication ( Nfc ) Technology,” vol. 9, no. 2, hal. 135–142, 2016.
T. Fahrudin, “Pencatatan dan Pemantauan Kehadiran Perkuliahan di Lingkungan Politeknik Telkom Berbasis RFID dan Aplikasi Web,” Konf. Nas. ICT-M Politek. Telkom, 2012.
D. Setiawan Putra dan A. Fauzijah, “Perancangan Aplikasi Presensi Dosen Realtime Dengan Metode Rapid Application Development (RAD) Menggunakan Fingerprint Berbasis Web,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, hal. 167–171, 2018.
M. I. Hanafri, Triono, dan I. Luthfiudin, “Rancang Bangun Sistem Monitoring Kehadiran Dosen Berbasis Web Pada STMIK Bina Sarana Global,” J. Sisfotek Glob., 2018.
P. P. Pertama, “Digital Informasi Kehadiran Status Dosen ITB STIKOM Bali Berbasis Web,” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 2, no. 2, hal. 64, 2019.
M. Nurkamid, M. Dahlan, A. Susanto, dan T. Khotimah, “Pemanfaatan aplikasi jejaring sosial facebook untuk media pembelajaran,” J. sains dan Teknol., vol. 3, no. 2, hal. 1–16, 2010.
F. Azis dan S. Wahjuni, “Rancang Bangun Sistem Otomasi Presentasi Kuliah Menggunakan Raspberry Pi dan Radio Frequency Identification (RFID),” J. Ilmu Komput. dan Agri-Informatika, vol. 5, no. 2, hal. 76, 2019.
N. A. Samudra, “Perancangan Sistem Keamanan Ruangan Design of Room Security System,” vol. 2, no. 2, hal. 3743–3754, 2015.
F. T. Industri, J. T. Informatika, dan U. K. Petra, “Studi Analisis Rapid Aplication Development Sebagai Salah Satu Alternatif Metode Pengembangan Perangkat Lunak,” J. Inform., vol. 3, no. 2, hal. 68–68, 2002.
K. E. Kendal, J.E., and Kendal, Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta: PT. Indeks, 2010.
I. Akil, “Rekayasa Perangkat Lunak Dengan Model Unified Process Studi Kasus: Sistem Informasi Journal,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. 1, hal. 11, 2016.
Indexed and Journal List Title by: