Main Article Content

Made Pradnyana Ambara
Pande Ketut Widiartana
Yohanes Priyo Atmojo

Abstract

Dalam sebuah database terdistribusi, database disimpan tersebar di banyak lokasi yang terpisah namun saling berhubungan satu sama lain. Sinkronisasi data pada database terdistribusi yang heterogenous, dengan sumber data yang secara geografis terletak tersebar di beberapa lokasi yang sangat jauh adalah salah satu masalah dalam penerapannya. Sinkronisasi database yang dilakukan dengan cara export file SQL secara manual di sistem sumber, kemudian dikirimkan melalui email untuk di import di sistem tujuan sangat tidak efektif di mana sangat sering terjadi kesalahan pada sisi user dalam export import file-nya. Penelitian ini bertujuan memberikan solusi atas permasalahan tersebut dengan menerapkan teknik pemrograman socket untuk membangun aplikasi yang berfungsi sebagai media sinkronisasi otomatis pada datatabase terdistribusi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah middleware yang dapat menyinkronkan data pada database terdistribusi menggunakan teknik multi master replication. Teknik ini dapat meningkatkan availability dari database sehingga ketika terjadi kerusakan atau kegagalan pada satu lokasi fisik maka tidak menyebabkan kegagalan keseluruhan sistem pada database. Middleware ini akan membaca setiap perubahan pada database kemudian mengirimkannya melalui komunikasi socket ke aplikasi server. Aplikasi server kemudian akan mem-broadcast perubahan tersebut ke semua client yang terhubung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode waterfall model meliputi pengumpulan data, analisa dan desain sistem serta pembuatan dan uji coba.

Article Details

How to Cite
Made Pradnyana Ambara, Pande Ketut Widiartana, & Yohanes Priyo Atmojo. (2020). Implementasi Socket Programming Sebagai Media Sinkronisasi Database Terdistribusi dengan Teknik Multi Master Replication. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(2), 113-124. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i2.271
Section
Articles

References

V. A. Abrar and M. D. R. Wahyudi, “Implementasi Heterogenous Distributed Database System Oracle Xe 10g dan MySQL Rekam Medis Poliklinik UIN Sunan Kalijaga,” Citec J., vol. 4, no. 1, 2017.
I. F. Anshori, “Implementasi Socket Tcp/Ip Untuk Mengirim Dan Memasukan File Text Kedalam Database,” J. Responsive, vol. 1, no. 1, 2019.
H. Listiyono, “Program Socket Untuk Mengirim file Dengan Visual Basic Pada Sistem Operasi WIndows,” J. Responsive, vol. 1, no. 1, 2019.
K. Agus, “Mengenal Socket” in Pemrograman Jaringan Dengan Java. Yogyakarta, Indonesia, 2011.
S. Arifin, B. Antonius, and A. Abdul, “‘Pembangunan Sistem Informasi Presensi Perkuliahan Menggunakan Basis Data Terdistribusi Dengan Metode Replikasi-Asynchronus,’” Itsmart, vol. 4, no. 2, 2015.
D. A. Hidayat, “‘Rancang Bangun Aplikasi Point of Sale (POS) Berbasis Web Dengan Pemanfaatan Trigger Pada Distribution Store CV.NMRQ,’” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, 2014.
M. Data, G. Ramadhan, and K. Amron, “, ‘Analisis Availabilitas dan Reliabbilitas Multi-Master Database Server dengan State Snapshot transfers (SST) Jenis Rsync pada MariaDB Galera Cluster,’” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, 2017.
P. Lawrence and M. Praveen, ““Introduction to JavaFX“ in Beginning JavaFX,” Springer Sci. Media, 2010.
Indexed and Journal List Title by: