Main Article Content

Muhammad Rusli
Khairul Anam
Dian Rahmani Putri

Abstract

Selaras dengan perkembangan infrastruktur teknologi informasi, khususnya teknologi multimedia, kebutuhan informasi yang aktual, menarik dan interaktif menjadi suatu keniscayaan untuk dipenuhi. Informasi tersebut dibutuhkan antara lain guna mengenalkan atau mempromosikan objek-objek wisata bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Untuk dapat lebih mempromosikan objek-objek wisata sebuah daerah kepada wisatawan secara luas, cepat dan menarik, diperlukan penggunaan aplikasi teknologi multimedia tepat guna yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan di era digital ini, yaitu berupa informasi wisata yang dikemas dalam sebuah format multimedia. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan sebuah aplikasi multimedia interaktif yang berisikan informasi tentang objek wisata yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Metode pengembangannya menggunakan Model Delphi dengan software Authoring Multimedia menggunakan Adobe Flash. Prinsip-prinsip animasi dalam menampilkan elemen-elemen multimedia diterapkan guna memperoleh hasil yang lebih menarik dan efektif. Hasil pengembangannya berupa produk multimedia interaktif pengenalan objek wisata di Kabupaten Banyuwangi berbasis Android.

Article Details

How to Cite
Rusli, M., Anam, K., & Putri, D. R. (2019). Implementasi Model Delphi dalam Pengembangan Multimedia Interaktif Pengenalan Objek Wisata di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(1), 73-79. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.254
Section
Articles

References

Fahad, H.A. & Endrayadi, E.C. 2017. Pengembangan Sektor Pariwisata Di Kabupaten Banyuwangi Tahun 2002-2013. Publika Budaya. 5,1; 28-35.
Rozi, P. 2012. Perancangan Aplikasi Berbasis Multimedia Interaktif Sebagai Media Informasi Dan Promosi Pariwisata Danau Kerinci Di Kabupaten Kerinci–Jambi. Naskah Publikasi- STMIK AMIKOM- Yogyakarta. Yogyakarta.
Pemda Kabupaten Banyuwangi. 2017. Guide Book Banyuwangi Tourism. Regency Culture and Tourism Service. Banyuwangi.
IACBE. 2014. Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives and Writing Intended Learning Outcomes Statements. Lenexa, Kansas, USA: The Delphi Method. https://www.rand.org/topics/delphi-method.html, diakses tanggal 27 November 2019
Frey, B.A. & Sutton, J.M. 2010. A Model for Developing Multimedia Learning Projects. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching. 6,2; 491-507.
Rusli, M., Hermawan, D., & Supuwiningsih, N.N. 2017. Multimedia Pembelajara Yang Inovatif: Prinsip Dasar dan Model Pengembangan. ANDI. Yogyakarta.
Clark, R.C. & Mayer, R.E. 2008. E-Learning and the Science Of Instruction. Second edition. San Francisco: In Print of Wiley.
Situs Budaya. Sejarah Kabupaten Banyuwangi. https://situsbudaya.id/sejarah-kabupaten-banyuwangi/, di akses tanggal 24 November 2018.
Andresen, B.B. & Brink, K.V.D. 2013. Multimedia in Education: Curriculum. UNESCO-IITE. Moskow.
Indexed and Journal List Title by: