Main Article Content

Lisa Amelia
Iis Pradesan

Abstract

Salah satu perkembangan teknologi komputer yang banyak dimanfaatkan kegunaannya saat ini adalah Website. Website menjadi salah satu bentuk teknologi yang banyak digunakan karena dapat memberikan kemudahkan dan manfaat bagi penggunanya. Suatu website dapat dikatakan berkualitas apabila apa website tersebut dapat memenuhi kebutuhan atau dapat memberikan kepuasan kepada penggunanya. Penulis menggunakan Metode WebQual 4.0 dengan tiga dimensi utamanya yaitu usability, information, service interaction untuk mengukur kualitas layanan yang dapat dikaitkan dengan kepuasan pengguna. Penelitian ini dilakukan pada pengguna website di Universitas XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian menyatakan bahwa variabel independen (usability, information, dan service interaction ) berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen (kepuasan pengguna) dengan nilai signifikansi dari setiap variabel usability, information, dan service interaction masing-masing sebesar 0,003, 0,000 dan 0,047.

Article Details

How to Cite
Amelia, L., & Pradesan, I. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Pengguna pada Universitas XYZ dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(1), 57-63. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.249
Section
Articles

References

D. P. Kesuma, “Analisis Pengukuran Kualitas Layanan Web Perguruan Tinggi XYZ Menggunakan Servqual,” Seminar Nasional Informatika, vol. 1, no. -, pp. 178-183, 2014.
D. Puspitasari, B. P. Widyobroto dan Sumiyana, “Kajian Kepuasan Pelanggan Webiste Universitas Airlangga,” -, Vol. %1 dari %2-, no. -, pp. -, 2013.
A. Aditiya, Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual 4.0 pada Website www.wingscorp.com, Surabaya: STIKOM Surabaya, 2017.
U. Sekaran, Research Methods for Business, Jakarta: Salemba Empat, 2006.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: PT Alfabet, 2016.
C. Irawan, “Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan WebQual (Studi Kasus Pada Kabupaten Ogan Ilir),” Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 4, no. -, pp. 488-502, 2012.
D. B. Napitupulu, “Evaluasi kualitas website universitas XYZ dengan pendekatan Webqual,” Buletin Pos dan Telekomunikasi, vol. 14, no. no.1, pp. 51-64, 2016.
S. J. Barnes dan R. Vidgen, “An Integrative Approach to the Assessment of E-Commerce Quality,” Journal of Electronic Commerce Research, vol. 3, no. -, pp. 114-127, 2002.
U. Sekaran, Research Methods for Business: A Skill-Building Approach, New York: John Wiley & Sons, Inc., 2003.
L. A. S. Waloyo, “Mengukur Kualitas Webiste Universitas Dengan Pendekatan Webqual (Studi Kasus : Unika Widya mandala Madiun),” dalam Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Ke-9 Fakultas Teknik Univeristas Wahid Hasyim, Semarang, 2018.
Sugiono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2003.
R. Rusniantoro, A. Kusyanti dan A. Rachmadi, “Analisis Kualitas Layanan Website XYZ Terhadap Kepuasan Pelanggan,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. No.6, pp. 2150-2157, 2018.
Indexed and Journal List Title by: