Main Article Content

Ria Manurung

Abstract

Perkembangan IPTEK yakni teknologi informasi yang sangat cepat tentu akan dapat mempermudah kegiatan bisnis. Akan tetapi, kegiatan bisnis pada UMA HANA meliputi pengelolaan pembelian, penjualan dan persediaan barang pada UMA HANA masih dilakukan dengan cara manual sehingga memungkinkan terjadi kesalahan. Oleh sebab itu dibutuhkan adanya sebuah sistem secara komputerisasi berbasis desktop yang diharapkan dapat membantu pencatatan transaksi pembelian, dan penjualan, serta persediaan barang sehingga mampu menyediakan informasi yang cepat, akuntabel dan akurat kepada user UMA HANA. Metode Development Life Cycle Software dengan metode waterfall dipergunakan untuk merancang sistem pada penelitian ini. Uji hipotesis dan uji manfaat digunakan untuk mencermati bagaimana dan sejauh mana pengaruh dan manfaat yang diberikan. Sistem UMA HANA juga berguna untuk mempermudah membuat laporan. Sistem ini mempunyai keunggulan dalam kegunaan, kemudahan untuk dipelajari, efisiensi dan akurasi.

Article Details

How to Cite
Manurung, R. (2019). Perancangan dan Analisis Sistem Informasi Persediaan Barang pada CV UMA HANA. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(1), 64-72. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.239
Section
Articles

References

R. &. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Bandung: Informatika, 2016.
R. Tantra, Manajemen Proyek Sistem Informasi, Yogyakarta: ANDI, 2016.
Eriyanto, Teknik Sampling Analisis Opini Publik, Yogyakarta: LKIS, 2017.
J. Sarwono, Prosedur-Prosedur Analisis Populer Aplikasi Riset Skripsi dan Tesis dengan Eviews, Yogyakarta: Gava Media, 2016.
E. Sutanta, Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual, Yogyakarta: ANDI, 2016.
W. KOMPUTER, Panduan Aplikatif & Solusi (PAS): Mengolah Data Statistik Hasil Penelitian dengan SPSS 17, Yogyakarta: ANDI, 2016.
Indexed and Journal List Title by: