Main Article Content

Dian Pramana

Abstract

Knowledge sharing merupakan sebuah aktivitas dimana pengetahuan ditukarkan kepada orang
lain, teman, dan komunitas pada sebuah organisasi. Knowledge sharing tidak hanya memberikan sesuatu
kepada orang lain atau mendapatkan sesuatu dari mereka sebagai timbal balik. Namun knowledge
sharing terjadi ketika orang-orang secara alami tertarik untuk membantu satu sama lain untuk
membangun kompetensi dan kapasitas yang baru untuk bertindak. Dengan memanfaatkan konsep
gamification, knowledge sharing akan menjadi lebih menarik. Gamification sendiri merupakan
penggunaan game design, thinking, dan mechanic untuk meningkatkan konteks non-game. Jadi dengan
gamification, setiap individu yang terlibat dalam knowledge sharing akan berlomba-lomba dalam
berbagi pengetahuannya. Pada penelitian ini telah dirancang sebuah aplikasi knowledge sharing yang
menggunakan konsep gamification. Tahapan yang dilakukan untuk menyelesaikan penelitian ini adalah
identifikasi masalah, penelusuran pustaka, pengumpulan dan pengolahan data, perancangan sistem,
penyimpulan hasil, dan penyusunan laporan. Hasilnya berupa blue print aplikasi yang terdiri dari Data
Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, serta basis data konseptual.

Article Details

How to Cite
Pramana, D. (2015). Perancangan Aplikasi Knowledge Sharing Dengan Konsep Gamification. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 10(1), 202-211. Retrieved from https://www.jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/23
Section
Articles
Indexed and Journal List Title by: