Perancangan Aplikasi Knowledge Sharing Dengan Konsep Gamification
Main Article Content
Abstract
Knowledge sharing merupakan sebuah aktivitas dimana pengetahuan ditukarkan kepada orang
lain, teman, dan komunitas pada sebuah organisasi. Knowledge sharing tidak hanya memberikan sesuatu
kepada orang lain atau mendapatkan sesuatu dari mereka sebagai timbal balik. Namun knowledge
sharing terjadi ketika orang-orang secara alami tertarik untuk membantu satu sama lain untuk
membangun kompetensi dan kapasitas yang baru untuk bertindak. Dengan memanfaatkan konsep
gamification, knowledge sharing akan menjadi lebih menarik. Gamification sendiri merupakan
penggunaan game design, thinking, dan mechanic untuk meningkatkan konteks non-game. Jadi dengan
gamification, setiap individu yang terlibat dalam knowledge sharing akan berlomba-lomba dalam
berbagi pengetahuannya. Pada penelitian ini telah dirancang sebuah aplikasi knowledge sharing yang
menggunakan konsep gamification. Tahapan yang dilakukan untuk menyelesaikan penelitian ini adalah
identifikasi masalah, penelusuran pustaka, pengumpulan dan pengolahan data, perancangan sistem,
penyimpulan hasil, dan penyusunan laporan. Hasilnya berupa blue print aplikasi yang terdiri dari Data
Flow Diagram, Entity Relationship Diagram, serta basis data konseptual.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.