Main Article Content

Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja

Abstract

STIKOM Bali sebagai salah satu perguruan tinggi yang telah menerapkan banyak sistem informasi dalam membantu proses bisnisnya, terdapat sistem informasi yang membantu pengelolaan terhadap tugas dan peran Dosen. Sistem informasi tersebut dinamakan dengan Sistem Informasi Dosen (SID). SID telah banyak mengalami perkembangan dari segi fitur dan fungsi yang akan mempermudah Dosen. Fungsi yang terdapat pada SID saat ini adalah dapat menampilkan informasi umum terkait mahasiswa, profil dosen, hasil evaluasi mengajar dan history kelas ajar. Fitur atau fungsi utama lain adalah mengenai dosen wali, dosen pembimbing, dosen koordinator dan jadwal dosen penguji. Salah satu cara untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kinerja sistem informasi adalah dengan mengetahui kepuasan dari sisi pengguna ataupun user. Kinerja sistem informasi dapat dilihat dari kepuasan pengguna dalam penggunaan sistem informasi tersebut. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan penilaian terhadap kepuasan pengguna SID sehingga dapat diketahui kinerja SID tersebut. Metode yang digunakan dalam pengukuran kepuasan adalah metode Servqual. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendefinisian masalah, eksplorasi konsep, analisis, pengumpulan data dan analisis data serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil perhitungan skor Servqual diperoleh kualitas dari tangible, reliability dan emphaty masih kurang baik. Sedangkan kualitas dari responsivenes dan assurance sudah baik sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan pengguna terhadap SID adalah kurang puas.

Article Details

How to Cite
Kartika Yuniastari Sarja, N. L. A. (2018). Pengukuran Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Dosen Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 12(2), 19-25. Retrieved from https://www.jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/158
Section
Articles
Indexed and Journal List Title by: