Main Article Content

I Gusti Ayu Desi Saryanti

Abstract

Melanjutkan penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya oleh I Gusti Ayu Desi Saryanti
dengan judul “Analisis Meningkatkan Kinerja Dosen Menggunakan Knowledge Management System“
yaitu dilakukan penganalisissan dan pengolahan data dari hasil kuesioner. Untuk itu pada tahapan kali
ini akan dilanjutkan dengan proses perancangan system. Knowledge Management System (KMS) adalah
sistem pengelolaan pengetahuan dalam suatu organisasi, yang mendukung penciptaan, menangkap, dan
menyimpan dan berbagi bentuk keterampilan dalam bentuk informasi. pengetahuan dapat diolah
berdasarkan komponen pengetahuan seperti teknik penyimpanan, pengambilan, akuisisi pengetahuan,
pengelolaan pengetahuan organisasi dan pribadi. Komponen pengetahuan tersebut dapat diakses oleh
pengguna melalui infrastruktur KM berupa portal yang disebut KMS. Dunia pendidikan berfungsi
memproduksi tenaga-tenaga yang berkualitas untuk berbagai jenis dan tingkatan keahlian. Penelitian ini
bertujuan untuk merancang, mengembangkan strategi KMS untuk kinerja dosen. Indikator yang
digunakan pada penelitian ini adalah pendidikan formal, jabatan akademik, pengalaman mengajar
dikelas, penelitian, pelatihan/karya ilmiah, sertifikasi keilmuan, pengabdian masyarakat, pengajaran.
Model konseptual knowledge management system dievaluasi berdasarkan data yang diterima dari survei.
Kuesioner dibagikan kepada dosen dalam tiga Program Studi. Pada penelitian ini telah dihasilkan suatu
perancangan system dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML), Desain Interface dan
Skema Jaringan yang nantinya akan digunakan.

Article Details

How to Cite
Saryanti, I. G. A. D. (2017). Perancangan Sistem Arsitektur Knowledge Management System Untuk Meningkatkan Kinerja Dosen. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 12(1), 92-101. Retrieved from https://www.jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/141
Section
Articles
Indexed and Journal List Title by: