Knowledge Discovery Pada Email Box Sebagai Penunjang Email Marketing
Main Article Content
Abstract
Memanfaatkan email untuk pemasaran adalah salah satu strategi marketing yang sangat 
efektif dan murah. Walaupun demikian, email marketing tidak boleh dikirim secara sembarangan dan 
terus – menerus. Pengiriman email yang berlebihan serta tidak sesuai dengan minat atau bisnis dari 
orang yang menerima akan diabaikan atau bahkan dianggap spam oleh penerima. Akibat dari hal 
tersebut, hubungan bisnis antara perusahaan dengan client atau calon client menjadi tidak terjalin 
dengan baik. Maka, sebelum mengirim email promosi produk akan lebih baik jika bagian marketing 
mencari tahu minat dan beberapa informasi penting berkaitan dengan penerima. Informasi tentang minat 
atau kesukaan dari client dapat ditemukan dari kumpulan email yang pernah mereka kirim ke inbox kita. 
Namun menemukan minat client dari dokumen email perlu teknik khusus dalam mengolah data teks. 
Maka dari itu, Pada penelitian ini fokus melakukan studi dan implementasi text mining pada dokumen 
email. Dokumen email dianalisis dengan memperhitungkan jumlah kata yang muncul pada email 
tersebut. Representasi teks yang digunakan yaitu single word. Single word tersebut kemudian menjadi 
masukan dari proses dokumen clustering dengan algoritma K-mean pada fase data mining. Hasil dari 
clustering inilah yang dapat digunakan oleh pihak marketing sebagai penunjung kegiatan promosi 
produk. Dari hasil perancangan, pengembangan serta pengujian aplikasi terhadap dokumen email 
didapatkan hasil yaitu sistem sudah dapat melakukan preprocessing teks menggunakan teknik parsing, 
stopword removal, dan stemming sehingga menghasilkan kumpulan kata dasar (bag of word). Pada 
proses pencarian minat dengan term yang dimasukkan, sistem sudah dapat menemukan email client 
dengan arah minat tertentu menggunakan teknik TF-IDF. Pada proses pengelompokkan dokumen email 
menggunakan algoritma K-mean clustering pada dokumen email yang sudah dilabelkan sebelumnya 
memberikan akurasi 63,63% dari 11 dokumen email yang sudah digabung dari setiap pengirim. Dari 
hasil pengujian sistem sudah dapat digunakan sebagai dasar pemilihan calon penerima email marketing 
sesuai dengan term / key word yang dimasukkan serta berdasarkan kemiripan dari isi email marketing.
Article Details
- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
 - JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
 - JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
 - JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
 
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
 - Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
 - Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.