Main Article Content

Erma Sulistyo Rini

Abstract

Brand Image suatu persepsi yang bertahan lama, dibentuk melalui pengalaman, dan bersifat
relatif konsisten, sikap dan tindakan konsumen terhadap suatu brand image merupakan unsur penting
yang mendorong konsumen untuk membeli sebuah produk. kepercayaan konsument terhadap brand
image timbul karena adanya Perceived Value yaitu sebuah proses evaluasi konsumen atas segala
manfaat yang diterima dan harga yang harus dibayarkan oleh mereka, bagi perusahaan yang memiliki
brand image positif dan kuat akan membangun perceived value dalam diri konsumen. Semakin tinggi
Perceived Value akan membentuk brand image positif dan kuat yang melekatpada produk tersebut dan
konsumen akan semakin tertarik untuk membeli karena konsumen beranggapan bahwa suatu produk
dengan brand yang sudah tepercaya lebih memberikan rasa aman ketika menggunakannya.Penelitian ini
bertujuan menganalisa seberapa besar pengaruh Brand Image terhadap Perceived Value Pelanggan di
STIKOM Bali. Dengan jumlah responden 57% laki-laki dan 43% perempuan, serta berstatus dosen
sebanyak 42% sedangan berstatus mahasiswa 58%. Uji validitas variabelkonstruk perceive value (Y)
dinyatakan valid dengan nilai koefesien korelasi 0,879 < r-tabel 0,463.Variabel konstruk brand image
(X) dinyatkan valid dengan nilai koefesien korelasi 0,892< r.tabel 0,463. Uji reliablitas menyatakan
bahwa variabel kontruk yang digunakan dalam penelitian reliable dan dapat digunakan mengukur
hipotesis penelitian dimana nilai koefesiensi alpha cronbach sebesar 0,854 dari 11 item yang digunakan
dalam 7 sub variabel, Hasil hipotesis variabel kosntruk Brand Image berpengaruh positif dan signifikan
terhadap, Perceived Value dengan nilai Pearson Chi Square sebesar 98,140 dengan Asymp. Sig.(2-sides) sebesar 0.003 karena nilai r hitung pearson chi square 98,140 > 88,379 dengan tingkat sig 0.003
< 0.01 sehingga H1 diterima dan Ho ditolak atau dapat dinyatakan bahwa hipotesis 1 (H1) dapat
dibuktikan.

Article Details

How to Cite
Rini, E. S. (2017). Pengaruh Brand Image terhadap Perceived Value Pelanggan di STIKOM bali. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 11(2), 110-119. Retrieved from https://www.jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/118
Section
Articles
Indexed and Journal List Title by: