Kecerdasan Buatan Pada Game Edukasi Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Heuristik Similaritas
Main Article Content
Abstract
Game menjadi salah satu industri yang berkembang pesat pada kehidupan sehari-hari. Saat ini 
game sangatlah popular di semua kalangan baik kalangan anak-anak, remaja maupun dewasa. Namun 
masih banyak game yang hanya memprioritaskan unsur adiktif dan mengabaikan unsur edukatif. Selain 
itu, banyak game berbasis pendidikan yang kurang memiliki unsur fun. Oleh karena itu, diperlukan game 
yang memiliki unsur edukasi dan fun sebagai media hiburan dan pendidikan bagi pengguna. Game 
edukasi yang bermanfaat di era globalisasi ini ialah tentang game edukasi Bahasa Inggris. Dalam 
pembangunan game dibutuhkan rancangan teori yang disebut gamification dimana salah satu elemen 
penting yang harus ada di dalam game ialah peran dari kecerdasan buatan dimana sering disebut AI 
(Artificial intelligence). Penelitian ini bertujuan untuk membangun AI pada game edukasi Bahasa Inggris 
yang cepat dan akurat. Metode yang digunakan pada AI ialah berbasis pada pendekatan heuristik terhadap 
kebiasaan manusia dalam menjawab soal seperti menyamakan soal dengan ingatannya pada kejadian 
sehari-hari. Sehingga pada AI diperlukan suatu persamaan untuk menghitung similaritas antara data di 
soal dan database. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game dapat berjalan dengan lancar pada platform 
desktop dan android. Hasil metode AI yang diterapkan juga mendapatkan nilai akurasi yang tinggi yakni 
85% dan memiliki tingkat kecepatan yang baik yakni rata-rata sekitar12-16 milidetik. Sehingga metode 
pendekatan heuristik similaritas merupakan metode yang cukup menjanjikan ketika diimplementasikan 
pada kecerdasan buatan di game edukasi Bahasa Inggris untuk menjawab soal secara otomatis.
Article Details
- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
 - JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
 - JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
 - JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
 
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
 - Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
 - Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.